blog yang membahas seputar Ilmu Komputer

Tuesday 3 May 2016

konfigurasi pada debian 5 dan win xp tentang Nat dan iptables

asalamualikum wr.wb
disini saya akan memposting tutorrial pertama saya tentangf keamanan jaringan yahh tentang komfigurasi nat dan iptables di debian 5 dan windows xp
mungkin di sini saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu nama saya aldi rinaldi saya sedang belajar di fakultas komputer dan jaringan semester 4 mau ke 5 heehe
dan tidak usah bnyak perkenalan lagi yah lansung saja kita ke tkp yah hehe


pertama masuk dulu ke debian sebagai root dan masukan pasword anda

setelah anda berhasil di langkah pertama silakan anda masuk ke langkah ke 2 dengan masuk ke nano /etc/network/interfaces

nah disini langsung saja agan2 rubah seperti gambar di atas untuk eth0 di dhcp kan
dan untuk di eth1 di buat static
jika sudah agan langsung saja save ctrl x lalu yes

untuk langkah selanjut nya agan bisa restart dulu dengan masukan /etc/init.d/networking restart

setelah berhasil di restart agan langsung saja masuk ke nano /etc/sysctl.conf 
nah disini cari skrip yang  #net.ipv4.ip forward=1 hilangkan tanda pagar nya

jika agan sudah lakukan langkah yang ke 3 agan langsung saja save ctrl x lalu yes
lalu 
ketikan iptables -t nat A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE

lalu setelah itu masukan nano /etc/rc.local

nah disini agan tambahkan lagi skrip iptables yang tadi agan masukan dan ikuti gambar di atas setelah selesai save ctrl x lalu yes
lalu reboot dulu mesin nya

setelah di reboot coba ping ke detik.com atau ke ip yang agan buat
setelah berhasil replay di debian sekarang coba kita coba di client xp masuk ke detik.com
finish 
mungkin sekian yang bisa saya posting untuk hari ini




http://aldigoners.blogspot.co.id/
Share:

2 comments:

Adsense Indonesia
160x600.id

Blog Archive